9 Materi Penting Yang Wajib Kita Pelajari Dalam Mata Pelajaran READING

9 Materi Penting Yang Wajib Kita Pelajari Dalam Mata Pelajaran READING

Module 1: PREDICTING
Predicting adalah suatu keahlian ,bukan teknik, membaca yang menjadi dasar bagi semua teknik membaca  dan bagi pross  membaca umumnya. prediting merupakan kemampuan menduga atau mengkirakan apa yang akan datang den menmanfaat kan petunjuk yang bersifat gramatikal, ,logis dan kultural.
------------------------------------------------------------------------
Module 2: PREVIEWING
Previewing kita diminta mengantisipasi isi suatu cerita pendek dengan hanya melihat isinya saja.isi suatu buku dengan melihat judul, daftar isi dan kata pengantarnya.tujuannya kita dapat mengetahui apa yang penulis coba lakukan baik dengan cara menerangkan memperdebatkannya, menganalisa ataupun menceritakannya dan secara umum seperti apa isi keseluruhan teks tersebut.
------------------------------------------------------------------------
module 3:  ANTICIPTATION
Kita diminta untuk mengatisipasi isi cerita pendek dengan cara melihat judul, kalimat pertama dan kedua cerpen tersebut.Tujuan Anticiptation ketika membaca kita selalu membuat prediksi yang nantinya akan di benarkan atau dikoreksi.
------------------------------------------------------------------------
module 4: SKIMING
Skiming membaca cepat. ada banyak metode skiming:
Skiming for point of viewb yaitu Keterampilan untuk mengetahui sudut pandang si penulis anda harus mengenali penanda, sepeti pilihan kata yang dipakai penulis dan cara penulis menutup kalimat.
Skiming for ideas yaitu  Dalam mempelajari keterampilan membaca untuk memahami gagasan umum anda dapat membaca bagian dari teks secara cepat dengan memberi perhatian ekstra pada kalimat pertama atau yang terakhir dari masing masing paragraf.
Skimming review adalah Skimming digunakan untuk mengidentifikasi main idea atau gagasan utama dari sebuah teks. Ketika membaca surat kabar, besar kemungkinan kita qtidak membaca kata perkata, melainkan kita melakukan dengan scanning.skiming dilakukan pada saat banyak sekali yang harus dibaca sedangkan waktunya sangat terbatas. 
 -----------------------------------------------------------------------
module 5: SCANNING
Scanning yaitu suatu teknik membaca cepat untuk mencari informasi tertentu atau informasi yang spesifik. tujuan mempelajari Scainning yaitu kita dapat mengetahui tujuan membaca cepat. menemukan informasi yang dibutuhkan dengan cepat dalam suatu teks. berkosentrasi pada informasi yang diperlukan dalam suatu teks.
------------------------------------------------------------------------
module 6: INFERRENCE
Infrence hasil pembicaraan atau hasil dari kesimpulan. Kesimpulan yaitu suatu proposisi yang diambil dari beberapa premis dengan aturan-aturan inferensi. kesimpulan adalah hasil dari pembicaraan dari suatu topik yang di bicarakan.
------------------------------------------------------------------------
module  7: UNDERTANDING RELATIONS WITHIN THE SENTENCE
undertanding relations within the sentence.Dalam kalimat kompleks atau majemuk juga terdapat  beberapa subjek dan kata kerja bantu seperti is, am, are, ware, was, do, does, Will, can, shall, dan whould. Kalimat majemuk dapat menjadi sederhana apabila anda mengetahui klausa bebasnya. Klausa bebas ini menyajikan informasi utama yang perlu anda ketahui sebagai pembaca sedangkan klausa terikat nya informasi tambahan yang boleh anda ketahui ataupun tidak. tujuan dari memplajari undertanding relations within the sentence kita dapat mengindentifikasi subjek suatu kalimat. dan dapat mengindentifikasi kata kerja suatu subjek kalimat.
-----------------------------------------------------------------------------------------------
module  8: REFERENCE
Reference Memahami reference membantu anda mengalami makna yang terkandung dalam suatu kelimat majemuk yang kemungkinan berisi lebih dari satu kata penunjuk. tujuan dari mempelajari Reference kita dapat mengidentifikasi reference (kata perunjuk) suatu kalimat. dan kita dapatengidentifikasi cohesion devices (pemarkah kepaduan kalimat.
------------------------------------------------------------------------
module 9: LINK- WORDS
Link-words untuk menentukan link-words yang tepat kita harus membaca dahulu kalimat yang ada, Baru kemudian kita memilih link-words yang tepat sesuai dengan makna dan fungsinya. tujuan kita memplajari lingking-words kita dapat mengindentifikasi linking wrds (kata penghubung) dalam suatu kalimat dan dapat mengindentifikasi liking-words (kata penghubung dalam suatu paragraf.


You like this